LOMEBEL SE-JATENG 2018

LOMBA MEDIA PEMBELAJARAN TINGKAT MAHASISWA SE-JAWA TENGAH UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Untuk memperoleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, diperlukan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai dan representatif, terutama media pembelajaran dan ruang belajar sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan ketika proses belajar mengajar berlangsung atau ketika siswa berada di lingkungan sekolah. 

Seiring dengan berkembangnya zaman, dunia pendidikan mengalami perubahan inovasi yang baik dalam segi kurikulum, model maupun strategi dalam pembelajaran. Ini dilakukan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar agar kualitas pendidikan di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu juga, perkembangan dunia pendidikan didukung dengan teknologi yang semakin canggih, teknologi-teknologi yang berbasis digital ke seluruh pelosok negeri. Perkembangan dalam ilmu teknologi haruslah diterapkan dalam dunia pendidikan yaitu dengan multimedia pembelajaran.

Dalam rangka meningkatkan kualitas mengajar khususnya mahasiswa Pendidikan Matematika, maka mahasiswa dituntut untuk lebih aktif,  kreatif dan mandiri dalam mencari dan menambah ilmu pengetahuan yang tidak terbatas melalui berbagai cara. Selain memiliki keahlian sebagai  pendidik, kita juga dituntut untuk memiliki keahlian lain, salah satunya adalah kemampuan menyampaikan materi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HIMATIKA) Universitas PGRI Semarang, turut andil dalam mempersiapkan kompetisi bagi seluruh calon pendidik kreatif melalui program kerja yang LOMEBEL (Lomba Media Pembelajaran). Yang pada tahun ke-4 LOMEBEL ini diselenggarakan di tingkat mahasiswa se-Jawa Tengah pada hari sabtu tanggal 27 Oktober 2018.

Kegiatan Lomba Media Pembelajaran ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB diawali dengan serangkaian upacara pembukaan. Yang dalam kesempatan tersebut, Anwar Fauzi sebagai ketua panitia menyampaikan laporan kegiatan Lomba Media Pembelajaran dan dilanjutkan sambutan-sambutan. Yang disampaikam oleh ketua umum HIMATIKA Pran Yudi Setiawan, dan sambutan kedua yaitu dari ketua program studi pendidikan matematika Bapak Ali Shodiqin, S.Pd., M.Pd. yang pada kesempatan tersebut sekaligus membuka kegiatan Lomba Media Pembelajaran. 

Setelah selesai upacara pembukaan, kemudian dilanjutkan persiapan untuk presentasi tim, setiap tim terdiri dari tiga orang. Tim yang menampilkan medianya diberikan waktu 20 menit untuk presentasi dan sesi tanya jawab oleh dewan juri. Sekitar pukul 11.00 semua tim telah selesai mempresentasikan media yang dilombakan, diberikan waktu break 30 menit yang diisi acara hiburan dari panitia sekaligus menunggu dewan juri mengumumkan juara LOMEBEL 2018.

Ketika pengumuman juara, di dapatlah tiga tim finalis dan satu tim juara harapan yang memenangkan Lomebel 2018. Yaitu tim Ervia Bidra(upgris) juara 1, tim Imam Affandi(unnes) juara 2, tim Mina Tika Selviana(upgris) juara 3, serta juara harapan yang diarih oleh tim Tri Suko(upgris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *